Makalah Media pembelajaran
BAB I
PENDAHULUAN
Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi
telah membawa perubahan yang sangat signifikan terhadap berbagai dimensi
kehidupan manusia, baik dalam ekonomi, social, budaya maupun pendidikan.Oleh
karena itu, agar pendidikan tidak tertinggal dari perkembangan iptek tersebut
perlu adannya penyesuaian-penyesuaian, terutama sekali yang berkaitan dengan
faktor-faktor pengajaran disekolah.Salah satu faktor teresebut adalah media
pembelajaran.
Media Pembelajaran merupakan sesuatu yang bersifat
menyalurkan pesan dan dapat menyalurkan pikiran, perasaan,kepada audien (siswa)
sehingga dapat mendorong terjadinya proses belajar pada dirinya.
Produksi media merupakan segala upaya yang
dilakukan untuk menciptakan dan mengolah (produksi) media (benda visual maupun
non visual) dengan cara mempergunakan segala sumber daya (tenaga, pikiran, dan
dana).
Dalam makalah ini, Kami akan membahas salah
satu dari materi Media Pembelajaran yakni produksi media berupa gambar (media
non elektronik) yang perlu dipelajari dan dikuasai oleh guru ataupun calon
guru, sehingga mereka dapat menyampaikan materi pelajaran kepada para siswa
secara baik berdaya guna dan dapat dengan maksimal
BAB II
PEMBAHASAN
PRODUKSI MEDIA PENDIDIKAN BERUPA GAMBAR (NON
ELEKTRONIK)
A.
Pengertian Media dan Produksi Media
1. Media merupakan
sesuatu yang bersifat menyalurkan pesan dan dapat menyalurkan pikiran,
perasaan, kepada audien (siswa) sehingga dapat mendorong terjadinya proses
belajar pada dirinya. Jadi, pada intinya media berfungsi sebagai alat bantu
dalam kegiatan belajar mengajar.
2. Produksi media
merupakan segala upaya yang dilakukan untuk menciptakan dan mengolah (produksi)
media (benda visual maupun non visual) dengan cara mempergunakan segala sumber
daya (tenaga, pikiran, dan dana). Produksi media pendidikan berupa gambar yakni
upaya yang dilakukan untuk membuat media (alat bantu) berupa gambar.
B.
Media Pembelajaran berupa Gambar
1.
Media Bagan (Chart)
Media bagan (chart) adalah suatu media
pengajaran yang penyajiannya secara diagramatik dengan menggunakan lambang-lambang
visual untuk mendapatkan sejuimlah informasi yang menunjukkan perkembanagan
ide, objek, lembaga, orang, keluarga ditinjau dari sudut waktu dan ruang.
2.
Grafik (Graph)
Grafik (Graph) merupakan gambar sederhana yang
disusun menurut prinsip matematika dengan menggunakan data berupa
angka-angka.Grafik juga mengandung ide, objek, dan hal-hal yang dinyatakan
dengan simbol dan disertai dengan keterangan-keterangan secara
singkat.Fungsinya adalah untuk menggambarkan data kuantitatif secara teliti
menerangkan perkembangan atau perbandingan suatu objek atau peristiwa yang
saling berhubungan secara singkat dan jelas.
3.
Media Diagram
Media diagram merupakan susunan garis-garis dan
menyerupai peta daripada gambar. Diagram sering juga digunakan untuk
meningkatkan letak bagian-bagian sebuah alat atau mesin serta hubungan satu
bagian dengan bagian yang lain.
4.
Poster
Poster merupakan gabungan antara gambar dan
tulisan dalam suatu bidang yang memberikan informasi tentang satu ide atau dua ide
pokok, poster hendaknya dibuat dengan gambar dekoratif dan huruf yang jelas.
Ciri-ciri poster yang baik yakni : sederhana, menyajikan satu ide, dengan
slogan yang ringkas, gambar dan tulisan yang jelas, serta mempunyai komposisi
dan variasi yang bagus.
5.
Karikatur dan Kartun
Karikatur dan kartun merupakan garis yang
dicoret dengan spontan yang menekankan kepada hal-hal yang dianggap penting,
beda antara poster dan karikatur terletak pada : Karikatur kadang-kadang lebih
menggigit dan kritis. Coretan-coretan pada karikatur, misalnya coretan pada
wajah manusia yang mirip dengan yang dikarikaturkan memberikan pesan
politis.Sedangkan kartun ide utamanya adalah menggugah rasa lucu dan kesan utamanya
adalah senyum dan ketawa.Kesan kritis dan humor yang diberikan karikatur dan
kartun menyebabakan informasi yang disampaiakan tahan lama dalam ingatan anak
.
6.
Media Gambar/Foto
Foto merupakan media reproduksi bentuk asli
dalam dua dimensi. Foto ini merupakan alat visual yang efektif karena dapat
divisualisasikan sesuatu yang akan dijelaskan dengan lebih konkrit dan
realistis. Informasi yang disampaikan dapat dimengerti dengan mudah karena
hasil yang diragakan lebih mendekati kenyataan melalui foto yang diperlihatkan
kepada anak-anak.
7.
Media Gambar Sederhana dengan Garis Lingkaran
Bagi guru yang kurang pandai dapat
mempergunakan gambar sederhana dalam menerangkan materi pelajaran hanya dengan
membuat garis dan lingkaran (stick figure).Gambar semacam ini digunakan hampir
untuk semua tingkat pelajaran atau kecerdasan.Penggunanya tidak saja menarik
perhatian dan memperjelas ide atau informasi yang dikemukakan.Gambar yang
terdiri dari garis dan lingkaran ini merupakan alat yang ampuh untuk
menyingkirkan hambatan buta huruf dan kesukaran bahasa.
8.
Media Komik
Media komik
merupakan media yang mempunyai sifat sederhana, jelas, mudah difahami.Oleh
sebab itu media komik dapat berfungsi sebagai media yang informatif dan
edukatif.Walaupun demikian penggunakan komik sebagai media pengajaran, guru
harus hati-hati sebab sering kali lebih bersifat komersil tanpa
mempertimbangkan akibat yang ditimbulkannya.
9.
Transparansi
Transparansi merupakan gambar / film besar yang
diproyeksikan oleh penyaji (guru) untuk menvisualisasikan konsep, proses,
fakta, statistik, kerangka outline, atau ringkasan di depan kelompok kecil atau
kelompok besar.
BAB III
KESIMPULAN
Produksi media merupakan segala upaya yang
dilakukan untuk menciptakan dan mengolah (produksi) media (benda visual maupun
non visual) dengan cara mempergunakan segala sumber daya (tenaga, pikiran, dan
dana).
Media gambar mempunyai jenis yang
bermacam-macam, beberapa diantaranya adalah: Media Bagan, Grafik, Diagram,
Poster, Karikatur dan Kartun, Media Gambar atau Foto, Media Gambar Sederhana
dengan Garis Lingkaran, dan Media Komik. Berbagai media tersebut perlu
dipelajari dan dikuasai oleh guru ataupun calon guru, sehingga mereka dapat
menyampaikan materi pelajaran kepada para siswa secara baik berdaya guna dan
dapat dengan maksimal.
Comments
Post a Comment